Rabu, 17 September 2014

Islam Layaknya Pokok Kayu

Pokok kayu sebagai perumpamaan agama islam, pokok kayu memiliki bagian yang tidak terlihat bagian yang masuk keperut bumi yakni akar, akarpun memiliki beberapa bagian, terdapat bagian yang besar dan panjang dan terdapat pula yang halus dan pendek.

Pokok kayu pula terdapat bagian yang terlihat yakni bagian yang menjulang keatas permukaan bumi yakni batang beserta dahan hingga pada ranting yang banyak pula.

Ajaran islam laksana pokok kayu karena memiliki 2 pokok ajaran.
Ajaran yang pertama tentang Iman(Kepercayaan). Pokok iman yang harus dipercaya oleh akal dan pikiran orang islam secara penuh adalah 6 perkara yakni :

  1. Percaya tentang adanya Tuhan pencipta alam semesta.
  2. Percaya bahwa adanya maliakat, makhluk gaib yang menjaga alam ini.
  3. Mempercayai semua utusan atau rosul Allah kepada manusia untuk mengajarkan kebenaran.
  4. Mempercayai akan semua kitab yang diturunkan pada rosul-Nya.
  5. Mempercayai bahwa setelah kehidupan dunia terdapat kehidupan yang kekal abadi yakni alam akhirat dan sebagai alam perhitungan atas semua perbuatan didunia dengan seadil-adilnya.
  6. Percaya akan Qadha bahwasanya hal-hal yang terjadi tidak terlepas dari kekuasaan Allah semata.


Selain ajaran kepercayaan(iman) terdapat juga ajaran islam dalam bentuk nyata yang harus dikerjakan dalam Islam yakni terdapat 5 perkara yang disebut Rukun Islam:
  1. Mengucapkan dua kalimat syahadat yaitu:
  2. Mengerjakan Sholat 5 waktu.
  3. Mengerjakan Puasa dibulan ramadhan.
  4. Mengeluarkan zakat harta ketika telah sampai pada nisabnya sekali setahun.
  5. Mengerjakan ibadah haji kemekah sekali seumur hidup, bagi mereka yang mampu.
Islam laksana pokok kayu, Iman sebagai akar sedangkan rukun islam sebagai batang, dahan dan ranting. dapat kita pahami iman memiliki  peranan yang sangat penting dari rukun islam.

Jika iman tidak hidup, tidak kuat, ataupun tidak mendapatkan kesuburan, maka akan berakibat kayu itu hidup merana atau mati sekali, ataupun jika terus hidup akan kehilangan dahan, ranting serta daun dan buah. sehingga pokok kayu pun tidak akan berguna dengan tidak berbuah.

Begitu pula keadaan orang islam yang tidak beriman atau lemah imannya agamanya akan merana, tidak adanya ibadah yang dinamakan rukun islam bagaikan pokok kayu yang tidak berbuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar